Kamis, 19 Januari 2012

Arti Sahabat :)


     Indah.  Begitulah  orang-orang  memanggilku.  Aku  hanya  seorang  gadis  yang  beruntung  karena  masih  bisa  sekolah.  Iya!  Aku  orang  miskin.  Ibuku  hanya  seorang  penjual  gado-gado  di  depan  rumah.  Sedangkan  ayahku  hanya  seorang  sopir  angkot.  Penghasilan  kedua  orang  tuaku  hanya  cukup  untuk  mencukupi  kebutuhanku  dan  kedua  adikku.
“Kak,  itu  kak  Shinta  sudah  datang.”  Kata  Roni,  adikku  memberi  tahu.
“Iya,  suruh  masuk  dulu  aja,  kakak  masih  mau  siap-siap.”  Jawabku  seraya  beranjak  dari  tempat  tidur.
Roni  hanya  mengangguk  kecil  dan  meninggalkan  kamarku.

***

Shinta.  Dia  adalah  temanku.  Atau  lebih  tepatnya,  dia  adalah  sahabatku.  Aku  dan  Shinta  satu  sekolah.  Sering  dia  menjemputku  untuk  berangkat  bersama  dengan  Honda  Jazz  merah  kesayangannya.  Alangkah  sempurnanya  sosok  Shinta!  Dia  cantik,  baik,  anak   orang  kaya,  cerdas.  Pokoknya  dia  sempurna  jika  dibandingkan  denganku.  Di  sekolah  pun  banyak  laki-laki  yang  mengejar  Shinta.  Termasuk  Rio.  Hatiku  miris  ketika  Rio  bertanya-tanya  tentang  Shinta.  Harusnya  Rio  menyadari  bahwa  aku  menyimpan  perasaan  terhadapnya.  Beruntung  sekali  jadi  Shinta.  Pikirku.  Sudah  jelas,  Rio  pasti  lebih  menginginkan  Shinta.  Batinku  pahit.

***

Hatiku  perih  saat  mengetahui  Rio  menyatakan  cinta  pada  Shinta.  Aku  cemburu,  hatiku  sakit.  Sudah  jelas  kan,  bahwa Rio  lebih  menginginkan  Shinta.  Rasanya  sakit  untuk  mengakuinya.
Aku  ingin  segera  pulang,  masuk  ke  kamar,  dan  menangis  disana.

***

Bunyi  decitan  rem  terdengar  di  depan  rumah  Indah.  Itu  pasti  Shinta.  Pikirku  sambil  tersenyum.  Tapi  senyumku  memudar  ketika  mengingat  tentang  Rio.
Samar-samar  aku  mendengar  suara  Shinta  yang  sedang  bicara  dengan  ibuku.
“Kamu  masuk  saja,  Shinta.  Indah  ada  di  kamarnya.”  Suara  ibuku  terdengar  jelas.
“Iya, bu.”  Aku  bisa  membayangkan  senyum  Shinta  yang  mengembang  lebar.

“Indah,  kenapa  kamu  pulang  duluan?  Aku  menunggumu  dari  tadi.  Apa  kamu  sakit?”  tanya  Shinta  ketika  masuk  ke  kamarku.  Nadanya  terdengar  khawatir.
“Maaf  Shinta,  aku  kurang  enak  badan.”  Jawabku  asal.
Shinta  memegang  pundakku,  memintaku  untuk  menatapnya.
“Astaga,  kenapa  mata  kamu  sembab  begini?  Kamu  menangis?”  tanya  Shinta.
Aku  hanya  menggelengkan  kepala.
“Ck!  Kukira  kita  sahabat.  Ternyata  kamu  tidak  mempercayaiku.”  Katanya  sambil  memalingkan  wajah.
“Shinta,  ku  ucapkan  selamat  padamu,  semoga  kamu  bersenang-senang  dengan  Rio.”  Kataku  sambil  tersenyum  samar.
Shinta  terdiam,  seperti  memikirkan  sesuatu.
“Indah,  kau  menyukai  Rio?”  tanya  Shinta  tersenyum.
“Aku  tidak  punya  alasan  untuk  itu.”  jawabku  menunduk.
Shinta  tersenyum.
“Sudah  kuduga  dari  awal.  Kamu  harus  mengetahui  yang  satu  ini,  aku  menolak  Rio.”  Kata  Shinta  tegas  ketika  mengucapkan  kalimat  terakhir.
Aku  mengernyitkan  dahi.
“Iya,  aku  menolaknya.”  Tegas  Shinta  lagi.
“Kenapa  kau  menolaknya?”  tanyaku  lirih.
“Karena  aku  lebih  memilihmu  daripada  Rio.  Aku  lebih  memilih  sahabatku  daripada  orang  yang  menganggapku  istimewa.  Rio  tak  lebih  berharga  dibandingkan  kamu,  Indah.  Kamu  selalu  ada,  sedangkan  Rio  tidak.  Aku  tidak  mungkin  berhubungan  dengan  Rio  sedangkan  itu  menyakitimu.”  Terang  Shinta  panjang  lebar.  Aku  tersenyum  mendengar  penjelasan  Shinta.  Perlahan,  sakit  hati  itu  menghilang.
“Kau  tidak  mempercayaiku?”  tanya  Shinta.
Aku  menggelengkan  kepala.
“Aku  mempercayaimu.  Dari  awal   pun  aku  sudah  mempersiapkan  mental  agar  aku  tidak  terlalu  sakit  hati.  Karena  Rio  jelas  lebih  menginginkanmu  daripada  aku.  Kau  jauh  lebih  sempurna  jika  dibandingkan  denganku,  Shinta.  Jelasku  panjang  lebar.
“Tidak  ada  yang  sempurna  di  dunia  ini,  Indah.  Bagaimanapun  aku  tetap  menerimamu  sebagai  sahabatku.  Aku  tidak  butuh  latar  belakangmu,  yang  aku  butuhkan  itu  kamu, KAMU  Indah.”  Kata  Shinta  sambil  memegang  pundakku.
Aku  pun  memeluk  Shinta,  dan  Shinta  membalas  pelukanku.
“Berjanjilah  untuk  tetap  menjadi  sahabatku.”  Kataku  tersenyum.
Aku  bisa  merasakan  anggukan  kepala  Shinta.
Aku  berjanji  untuk  tetap  menjadi  sahabatmu.
Kataku  dalam  hati.

Anita Putri

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.