Sabtu, 21 Januari 2012

Seputih Cinta Mutiara


Namaku  Mutiara  Aurora  Siregar.  Umurku  16  tahun.  Aku  mempunyai  hobby  menulis.  Aku  tinggal  di  sebuah  panti  asuhan  di  Jakarta.  Kalian  pasti  membelalakkan  mata  saat  aku  menyebut  panti  asuhan  sebagai  tempat  tinggalku.  Iya!  Aku  yatim  piatu.  Aku  tinggal  di  panti  asuhan  yang  bermayoritas  Katolik  ini  ketika  aku  berusia  3  tahun.  13  tahun  lamanya  aku  tinggal  di  panti  asuhan  ini.  But,  aku  adalah  seorang  muslim.  Aku  tetap  tersenyum  meskipun  aku  tidak  memiliki  keluarga.  Bu  Rina  sebagai  ibu  panti  sudah  seperti  ibu  kandungku  sendiri.  Beliau-lah  yang  mengajariku  arti  kehidupan.  Beliau  selalu  membuatku  ceria.  Kau  pahlawanku  Bunda  Rina! 
Bunda  Rina  selalu  ada  buat  aku,  termasuk  tentang  masalah  Gleen.  Huft,  aku  rasa  tidak  masalah  jika  hanya  sekedar  admire.  Bukankah  perbedaan  bukan  segalanya?

***

Sekarang  adalah  seminggu  awal  bulan  Desember.  Sudah  pasti  sebagian  besar  warga  panti  sibuk  mempersiapkan  Natal.  Meskipun  ini  berlainan  dengan  keyakinanku,  aku  tetap  membantu  mereka.
“Tia,  tolong  kamu  ambil  lampu  kerlip  itu  ya?”  kata  Gleen  mengagetkanku.
“Eh,  iya.”  Jawabku  salting.
Aku  beranjak  dari  tempat  duduk.  Ketika  aku  berdiri,  tiba-tiba  aku  terjatuh.
“Aww.”  Pekikku.
Aneh.  Kakiku  terasa  lumpuh.
“Kamu  kenapa,  Tia?  Kakimu  sakit  kah?”  tanya  Gleen  panik.
“Ng,  gak  papa,  Gleen.  Mungkin  cuma  kram.  Aku  tadi  nggak  gerakan  pendinginan  setelah  basket.”  Aku  tertawa.
Gleen  manggut-manggut.
“Ya  sudah,  kamu  istirahat  saja.  Lagian  sudah  jam  9  malam.  Waktunya  cewek  untuk  tidur.”  Gleen  tersenyum.
Senyumnya  membuatku  merasa  terlindungi.
“Maaf  ya,  Gleen.  Besok  aku  bantuin  deh.”  Kataku  tersenyum.
Gleen  membalas  senyumku.
Gleen  membantuku  berdiri.  Ketika  aku  berdiri,  kakiku  terasa  lumpuh,  mati  rasa.  Aku  akan  terjatuh  lagi  ketika  kedua  tangan  Gleen  menangkapku.  Refleks,  kami  bertatapan.
Tiba-tiba  Gleen  menggendongku.  Aku  terkejut  dengan  perlakuan  Gleen.
“Jangan  menolak.”  Kata  Gleen  sebelum  aku  sempat  berkomentar.
Pipiku  memerah.  Jantungku  berdebar  kencang.  Ya  Allah..
Setiba  di  kamar,  Gleen  membawaku  ke  tempat  tidur.  Ketika  Gleen  hendak  pergi,  aku  mencekal  tangannya.
“Makasih  ya,  Gleen.”
Gleen  mengangguk  dan  meninggalkan  kamarku.
Setelah  Gleen  menghilang  di  depan  pintu  kamar,  aku  mengambil  buku  harianku  yang  memang  sengaja  kuletakkan  dibawah  bantal.  Aku  membuka  halaman  kosong  dan  mulai  menulis.
07-12-2010
Hari  ini  aku  capek  banget  karena  latihan  kebugaran  saat  OR.  Ini  yang  membuat  kakiku  kram  hingga  sekarang.  Rasanya  seperti  lumpuh.
Gleen.  Dia  baik  sekali.  Dia  menggendongku  menuju  kamar  saat  kakiku  terasa  lumpuh.  Aku  nyaman  didekat  dia.  Jantungku  berdebar  saat  bersamanya.  Tatapan  matanya  membuatku..  entahlah.  Apa  ini  pertanda  bahwa  aku  mencintainya?
Aku  membaca  ulang  tulisanku  di  buku  harian  dan  menutupnya.  Aku  memandang  kakiku  yang  masih  mati  rasa.  Besok  juga  hilang  lumpuhnya,  kataku  dalam  hati.  Aku  menarik  selimut  dan  membenamkan  diriku  kedalamnya.

***

Keesokan  harinya..

Aku  bangun  pukul  04.30  pagi.  Aku  beranjak  dari  tempat  tidur  untuk  mengambil  air  wudhu.  Ketika  aku  bangun,  kakiku  sembuh,  sudah  tidak  lumpuh  lagi.  Alhamdulillah.  Ketika  aku  keluar  dari  kamar,  aku  berpapasan  dengan  Gleen.
“Selamat  pagi,  Mutiara.”  Sapanya.
“Pagi  juga,  Gleen.”  Balasku.
Dia  memperhatikan  kakiku.
“Sudah  tidak  lumpuh.”  Dia  tersenyum.
“Eh,  iya.  Kemarin  hanya  kram.”  Jawabku  agak  salting.
Senyumnya  saja  membuatku  salting.  Astaga!
“Lain  kali  jangan  dipaksakan  kalau  OR.”  Pesannya.
“Ok,  aku  ambil  air  wudhu  dulu  ya,  Gleen.”  Kataku  agak  menghindar  karena  salting.
“Eh,  iya.  Sampai  ketemu  nanti.”

Ketika  berangkat  sekolah,  aku  setengah  berlari  karena  waktu  yang  limit.  Ketika  berlari,  aku  terjatuh.  Kakiku  lumpuh  lagi!  Lututku  berdarah  karena  terjatuh.  Ada  apa  denganku?  Kedua  orang  temanku  yang  melihatku  terjatuh,  langsung  menghampiriku.
“Apa  yang  terjadi?”  tanya  salah  seorang  temanku.
“Kakiku  terasa  lumpuh.”  Jawabku.
Tanpa  basa-basi  mereka  segera  membopongku  sampai  tiba  di  sekolah.
Alhasil!  Aku  terlambat.  Tapi  untunglah  satpam  di  sekolahku  masih  peduli  dengan  keadaanku.  Dan  akupun  dijinkan  masuk.
Kedua  temanku  mengantarkanku  ke  kelas.  Beruntunglah  guru  pengajar  belum  datang.  Syukurlah.  Iseng  aku  mengeluarkan  buku  harianku  dan  mecari  halaman  kosong  disana.  Ketika  akan  menulis,  tanganku  sulit  untuk  digerakkan.  Bahkan  untuk  menulis  satu  kata  pun  sangat  sulit.  Ya  Allah  ada  apa  denganku?
***
Aku  menderita  ataxia.  Penyakit  ini  sudah  mengganggu  sistem  gerakku.  Aku  sungguh  kasihan pada  diriku  sendiri.  Ya  Allah,  kuatkan  aku.
“Mutiara?”  panggil  Bunda  sambil  memegang  bahuku.
Bunda  melihat  mataku  yang  sembab  dan  mengusap  pipiku.
“Yang  tabah  ya,  nak.”  Kata  Bunda  sambil  menahan  air  matanya.  Aku  tahu  Bunda  ingin  menangis.  Bunda  merasakan  apa  yang  kurasakan.
“Mengapa  harus  aku,  Bunda?  Mengapa  aku  diberikan  penyakit  seperti  ini?”  aku  menutup  mulutku  karena  tangisku  yang  semakin  keras.
Bunda  memelukku  dan  mengusap  rambutku  dengan  sayang.  Sepertinya  beliau  ikut  menangis.
“Tuhan  punya  rencana  yang  lebih  indah,  nak.”  Kata  Bunda  dengan  suara  bergetar.
“Aku  ingin  bermain  basket,  Bunda.”  Kataku  terisak.
Bunda  melepaskan  pelukannya.
“Tunggu  sebentar.”  Kata  Bunda  tiba-tiba.
Dua  menit  kemudian,  beliau  kembali  dengan  membawa  kursi  roda  yang  didorongnya.
“Ini  milik  siapa,  Bunda?”  tanyaku  heran.
“Ini  milikmu,  nak.  Gleen  yang  membelinya  untukmu  dengan  tabungannya  sendiri.”  Jelas  Bunda.
Aku  beranjak  dari  tempatku  duduk  dan  ternyata  kakiku  tidak  lumpuh.  Aku  berlari  mencari  Gleen.  Aku  menemukan  sosok  Gleen  di  gereja  di  dekat  panti.  Dia  sedang  berdo’a  sendirian  disana.  Aku  memperhatikan  Gleen  dari  pintu  gereja.  Samar-samar  aku  mendengarkan  suara  Gleen.
“Di  malam  penuh  kemenangan  ini,  aku  berdoa  pada-Mu  Bapa,  Rajaku  dari  jaman  purbakala  yang  menentukan  kehidupan  di  atas  bumi.  Aku  berharap  mukjizat-Mu  Tuhan.  Aku  ingin  dia  ceria  seperti  dulu.  Aku  tidak  ingin  kehilangan  senyum  seorang  Mutiara.  Karena  aku  menyayanginya,  Tuhan.”
Gleen,  dia  mendoakanku.  Aku  tak  kuasa  menahan  air  mataku.  Aku  menutup  mulutku  agar  Gleen  tidak  mendengar  tangisku.  Aku  menjauh  dari  pintu  gereja,  karena  aku  tak  sanggup  mendengar  ketulusan  do’a  Gleen.  Tangisku  pecah.  Aku  terjatuh,  kakiku  terasa  lumpuh.  Aku  menyentuh  dadaku,  menahan  sakit  disana.
“Kenapa  harus  aku  ya  Allah?”  Getirku  pahit.
Sakit  di  dadaku  semakin  nyesak.  Kakiku  lumpuh,  aku  tidak  bisa  berjalan.  Tiba-tiba  semua  terasa  gelap.

***

Sekarang  aku  berada  di  sebuah  istana  yang  megah.  Ada  seorang  peri  yang  cantik  sekali.  Disini  banyak  kupu-kupu  yang  berterbangan.  Aku  berlari  mengejar  kupu-kupu  itu.  aku  tidak  lumpuh.  Aku  sembuh!  Aku  tertawa  bergembira.  Rasanya  seperti  di  surga.  Aku  menghampiri  peri.
“Peri,  aku  ada  dimana?”  tanyaku  dengan  mata  yang  berbinar-binar.
“Kamu  ada  di  sebuah  istana,  Mutiara.”  Katanya  sambil  tersenyum.  Senyum  yang  sangat  manis.
“Tapi  mengapa  hanya  ada  aku  disini?  Kemana  adik-adik  di  panti?  Kemana  Bunda?  Kemana  Gleen?”  tanyaku  bingung.
“Kau  tentu  belum  berpamitan  kepada  mereka.  Pulanglah  untuk  berpamitan  kepada  mereka.”  Kata  peri  itu.
“Tapi  aku  tidak  rela  meninggalkan  tempat  ini,  tempat  ini  sungguh  indah.”  Kataku  riang.
“Tapi  mereka  menunggumu,  Mutiara.”
Setelah  berkata  seperti  itu,  peri  itu  menghilang.
Aku  membuka  mata  perlahan.
Aku  melihat  Bunda,  adik-adik  di  panti,  dan  juga  Gleen  berada  disampingku.  Bunda  mengelus  rambutku.
“Kamu  sudah  sadar,  nak.”  Kata  Bunda  sambir  menahan  air  mata  di  pelupuk  matanya.
“Bunda  kenapa  nangis?”  tanyaku  dengan  suara  agak  serak.
Bunda  cepat-cepat  mengusap  air  matanya.
“Bunda,  aku  tadi  berada  di  sebuah  tempat  yang  sangat  indah.  Bolehkah  aku  kesana  lagi,  Bunda?”  aku  tersenyum.
Bunda  terdiam,  dan  Gleen  menangis.
Aku  menoleh  ke  arah  Gleen.
“Gleen,  jangan  menangis.  Aku  baik-baik  saja.  Terima  kasih  atas  kursi  rodanya,  Gleen.”  Aku  tersenyum  pada  Gleen.
“Pergilah,  nak.  Kami  mengijinkanmu  pergi.”  Kata  Bunda  menangis.
“Maafkan  semua  kesalahanku,  Bunda,  adik-adik  semua,  dan  Gleen  maafkan  aku.”  Aku  sudah  sangat  sulit  untuk  bersuara.
Gleen  memegang  tanganku,  Bunda  dan  adik-adikku  memelukku.
Aku  merasa  nyaman  di  pelukan  mereka.  Sesaat  kemudian,  aku  kembali  lagi  ke  tempat  yang  indah  itu.  Dan  aku  melihat  kedua  orang  tuaku  disana.

Anita Putri

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.