Sabtu, 21 Januari 2012

SESUATU :)


Aku  merebahkan  tubuhku  di  ranjang  dengan  tangan  bersedekap.  Aku  menutup  mata  sejenak  dan  membukanya  lagi.  Saat  membuka  mata  aku  melihat  banyak  Fluorescent  berbentuk  bintang  yang  tampak  menyala  di  dinding  kamarku.  Jangan  takut  gelap,  jika  ada  keindahan  di  saat  gelap.  Sepenggal  kata  itulah  yang  terlintas  di  pikiranku  saat  melihat  Fluorescent  bintang  itu.  Aku  menutup  mata  lagi  dan  membebaskan  tangan  kanan  dan  kiriku.  Tangan  kananku  menyentuh  sesuatu,  sesuatu  yang  sangat  tidak  asing  bagiku.  Sebuah  bantal  berbentuk  hati  berwarna  pink  dengan  tulisan  “Our  love  is  forever”.  Hatiku  miris  membaca  tulisan  itu.  Tanpa  kusadari,  aku  menangis.  Dengan  cepat  aku  mengusap  air  mataku.  Aku  menatap  ponselku.  Benda  itu  diam,  tidak  bersuara  sedikitpun.  Iseng  aku  mengecek  dialling  list-ku.  Ada  panggilan  masuk  dari  Rio  dua  hari  lalu.  Astaga,  kenapa  masih  ada  nomor  itu  di  ponselku!  Aku  segera  menekan  tombol  phonebook,  mencari  nama  Rio  dan  menghapusnya.  Percuma  aku  menghapus  nomornya,  nomor  yang  sudah  kukenal  selama  bertahun-tahun  itu  pasti  sudah  kuhafal  diluar  kepala.  Yang  aku  inginkan  adalah,  ingin  menghapus  nama  Rio  BUKAN  HANYA  diponselku,  TAPI  JUGA  dihati  dan  pikiranku.  Aku  menggeleng  cepat,  aku  tidak  mau  memikirkannya!  Aku  membuka  facebook  untuk  mengalihkan  pikiranku  tentang  Rio.  Saat  tampil  home  facebook-ku,  aku  scroll  ke  bawah  dan  melihat  facebook  Rio.  Dia  baru  meng-update  status.  “Aku  merasakannya  lagi,  untuk  yang  kedua.”  Aku  mengurungkan  niatku  untuk  membaca  komentar-komentar  di  status  itu.  Aku  menangis  dan  menutup  wajahku  dengan  bantal  berbentuk  hati  itu,  karena  itulah  temanku  saat  itu.  Aku  terlalu  lemah  untuk  menerima  semuanya.

***

Pagi  itu,  aku  berangkat  sekolah  lebih  siang  dari  biasanya.  Memang  sengaja  aku  berangkat  agak  siang.  Karena  untuk  menghindari  berpapasan  dengan  Rio  atau  semacamnya.  Dan  untuk  menghindari  pertanyaan-pertanyaan  sahabatku  yang  suka  mengintrogasiku  ketika  aku  ke  sekolah  dengan  mata  sembab.  Ketika  aku  menaruh  tas  dikelas,  sebuah  pemberitahuan  berbunyi  bahwa  upacara  hari  Senin  akan  segera  dimulai.  Aku  berlari  menyusul  teman-temanku  yang  sudah  mulai  berbaris  dilapangan.  Aku  melihat  Rio  memimpin  barisan.  Aku  menarik  nafas  panjang  dan  menguasai  diriku.  Melihatnya  saja  membuat  hatiku  nanar.  Apalagi  berbincang-bincang  dan  menatap  matanya.  Apa  yang  bisa  kupertahankan  dari  semua  ini?  Ketika  upacara,  berkali-kali  mataku  melempar  pandangan  kearahnya.  Aku  menghela  nafas  panjang  dan  tersenyum.  Ini  pilihannya,  dan  aku  harus  menghormatinya.  Kataku  dalam  hati.  Kata  batinku  itulah  yang  menjadi  motivasiku  saat  itu.  Tuhan  telah  memilihkan  jalan  ini  untukku.  Aku  yakin  aku  bisa  melewatinya.
***

Dikelas  pun  aku  tak  banyak  bicara.  Aku  sama  sekali  tidak  memandangnya.  Karena  aku  tidak  mau  melakukan  itu.  Aku  juga  menutup  telinga  saat  mendengar  suaranya.  Ingin  rasanya  aku  pindah  kelas  waktu  itu.  Karena  hatiku  sakit  ketika  mendengar  dia  bercerita  tentang  warna  hidupnya  saat   itu.  Aku  menyadari,  bahwa  amat  sangat  berwarnanya  hidup  dia  tanpa  aku.  Dia  tidak  membutuhkan  aku  lagi,  dia  tidak  menginginkan  aku  lagi.  Aku  tersenyum,  entah  senyum  karena  bahagia  melihatnya  senang  atau  senyum  paksaan  untuk  menutupi  bahwa  aku  terluka.
Bel  istirahat  berbunyi.  Aku  berbalik dan menaruh  buku  dan  alat  tulisku  di  tas.  Saat  aku  berbalik  itulah  dia  menatapku.  Aku  menyimpulkan  secuil  harapan  dari  tatapan  itu.  Tapi  aku  membuang  jauh-jauh  harapan  itu,  karena  dia  tidak  lagi  membutuhkan  aku.

***

Besoknya,  aku  mulai  bisa  beradaptasi  hidup  tanpa  perhatian  darinya.  Karena  memang  salahku  selama  ini  terlalu  bergantung  padanya. Aku  mulai  bisa  tersenyum  saat  ini.  Aku  menyadari  bahwa  bunga  masih  bisa  mekar  tanpanya.  Meskipun  sulit  diawal,  tapi  aku  harus  mencoba.  Tidak  ada  kata  sulit  jika  aku  mau  berusaha.  Tapi  masih  tersisa  rasa  sakit  itu.  Aku  mulai  bercerita  ke  sahabatku  tentang  apa  yang  terjadi.  Setelah  aku  tutup  mulut  kemarin.  Aku  mulai  bisa  berkonsentrasi  saat  belajar.  Dan  ada  sahabatku  yang  perhatian  kepadaku  sepertinya.  Terima  kasih  Tuhan  atas  semuanya.
Sepulang  sekolah  aku  mengikuti  bimbel  di  daerahku.  Aku  bergurau  dengan  temanku  untuk  sejenak  saja  melupakan  semua  tentangnya.  Rasa  sakit  itu  hilang  sesaat.  Dan  saat  itulah,  seseorang  memandangku  dari  kejauhan  sana..

Anita Putri

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.