Sabtu, 21 Januari 2012

Titip Rindu Buat Ayah


Amanda.  Itulah  namaku.  Nama  yang  diberikan  orang  tuaku  dengan  harapan  kelak  aku  menjadi  seseorang  yang  lemah   lembut,  setia,  jujur,  cerdas,  dan  pantas  dicintai.  Sesuai  arti  dari  namaku.  Aku  akan  berusaha  mewujudkan  harapan  orang  tuaku.  Meskipun  hanya  memiliki  seorang  Ayah.  Aku  tidak  pernah  melihat  wajah  ibuku,  karena  beliau  meninggal  setelah  melahirkan  aku.  Beruntunglah  kalian  yang  masih  memiliki  Ibu  dan  keluarga  yang  lengkap.  Aku  iri  pada  kalian!  Tak  apalah,  inilah  jalan  hidupku.  Aku  masih  memiliki  seorang  Ayah  yang   merawatku  dari  kecil.  Ayah,  kau  pahlawanku! 
Aku  sangat  bangga  mempunyai  Ayah  sepertinya.  Meskipun  beliau  bukan  seorang  pejabat  yang  kaya  raya,  tetapi  hanya  mengandalkan  ladang  yang  tidak  begitu  luas.  Aku  tetap  bangga  padanya.  Bagiku,  Ayah  adalah  sosok  sempurna  yang  ku  punya.
“Assalamualaikum.”
Itu  suara  Ayah!
“Waalaikumsalam,  Ayah.”
Aku  mencium  tangan  Ayah.
Ayah  mengusap  keringat  di  dahinya  sambil  tersenyum  tulus  padaku.
Ayah  pasti  letih,  batinku.
“Kamu  tidak  belajar,  nak?”  tanya  Ayah.
“Tadi  sudah  baca  buku  sebentar,  yah.  Nanti  Amanda  belajar  lagi.  Ayah  mau  Amanda  ambilkan  air  minum?”  tawarku.
“Tidak  usah,  nak.  Ayah  ambil  sendiri.  Kamu  belajar  saja,  siapa  tahu  kamu  kelak  menjadi  seorang  dokter.  Biar  kamu  kelak  tidak  hidup  susah,  nak.”  Ayah  tertawa  sambil  mengusap  rambutku.
Aku  ikut  tertawa.
“Amanda  bersyukur  meskipun  keadaan  kita  seperti  ini,  Ayah.  Karena  ada  Ayah  disamping  Amanda.”
Ayah  tersenyum.  Senyum  yang  selalu  aku  rindukan.
“Ayah  mandi  dulu,  nak.  Belum  sholat  Ashar.  Kamu  sudah  sholat?”  tanya  Ayah.
“Sudah  Ayah.”  Jawabku  tersenyum.
“Baiklah,  Ayah  mandi  dulu.”
Aku  mengangguk.

Itulah  Ayah,  selalu  sempurna  dimataku.

***

“Belajar  apa  kamu,  nak?”  tanya  Ayah  mendekatiku.
“PR  Matematika,  Ayah.  Tapi  sudah  mau  selesai.”  Jawabku  tersenyum.
Ayah  duduk  disampingku.
“Kamu  belajar  yang  rajin  ya  nak.  Ayah  ingin  kamu  sukses.  Nanti  kalau  Ayah  kembali  ke  pangkuan  yang  Kuasa,  ayah  bisa  tenang  melihat  kamu  senang.  Kalau  Ayah  sudah  tiada,  siapa  yang  akan  menasehati  kamu  seperti  ini?  Oleh  karena  Ayah  masih  ada,  dengarkan  nasehat  Ayah  ya,  nak.”
“Ayah  ngomong  apa  sih!”  aku  cemberut.
“Ayah  kan  tidak  selamanya  hidup,  nak.  Ayah  kan  sudah  tua.  Lihat  ini  kulit  ayah  sudah  mulai  keriput.”  Ayah  menunjukkan  tangannya  yang  memang  sudah  mulai  berkerut  sambil  tertawa  menggodaku.
Aku  menatap  Ayah,  kemudian  tersenyum.
“Yah,  minggu  depan  aku  sudah  berusia  15  tahun  lho.”  Kataku  senang.
“Putri  Ayah  sudah  besar.”  Ayah  tertawa.
Aku  ikut  tertawa.
“Kamu  sudah  besar,  Amanda.  Kamu  harus  bisa  membedakan  mana  yang  baik  dan  mana  yang  buruk.  Selalu  utamakan  ibadah,  dan  jangan  lupa  belajar.”  Tutur  Ayah.
“Ayah  sudah  mengatakan  itu  berulang  kali.  Iya,  Ayah,  akan  aku  lakukan  semua  nasehat  Ayah.”  Aku  hormat  pada  Ayah.
Ayah  tertawa  sambil  mengacak  rambutku.

***

Jarum  jam  menunjukkan  pukul  5  sore.  Ayah  belum  juga  pulang.  Kemana  Ayah?  Pikirku.  Aku  baru  akan  menyusul  Ayah   di  ladang  ketika  Ayah  pulang.
“Ayah  dari  mana?  Kok  jam  segini  baru  pulang?”  tanyaku  cemas.
“Uhuk  uhuk..  Ayah  tadi  memberi  pupuk  pada  tanaman  kita,  nak.  Maaf  Ayah  pulang  telat.”  Kata  Ayah.
“Ayah  sakit?”  tanyaku  khawatir.
“Tidak  nak,  Ayah  tidak  apa-apa.  Hanya  butuh  istirahat .”  jawab  Ayah.
Aku  tahu  Ayah  sakit.  Ayah  terlihat  pucat.
“Amanda  buatkan  teh  hangat  ya   yah?”
Tanpa  menunggu  jawaban  Ayah,  aku  langsung  ke  dapur  untuk  membuat  teh  untuk  Ayah.
Ketika  aku  kembali,  Ayah  sudah   berbaring  di  tempat  tidur.
“Ini  Ayah  teh nya.”  Aku  membantu  Ayah  meminum  teh.
Sedih  rasanya  melihat  Ayah  sakit.  Ayah  pasti  terlalu  capek.
“Ayah  lapar,  nak.”  Kata  Ayah.
“Amanda  ambilkan  makan  ya  yah.  Trus  Amanda  suapin.”
Ayah  mengangguk.
Aku  mengambil  makanan  di  dapur.  Diam-diam  aku  menangis,  sedih  melihat  kondisi  Ayah.  Ayah  harus  sehat!
Aku  kembali  ke  kamar  Ayah  dan  menyuapi  Ayah.
Ayah  tidak  banyak  bicara  hari  ini.  Mungkin  Ayah  memang  sangat  letih.  Aku  tidak  ingin  Ayah  sakit.
“Amanda?”  panggil  Ayah.
“Iya,  yah?”  aku  memegang  tangan  Ayah.
“Kamu  tidur  saja,  nak.  Sudah  malam.  Kamu  besok  harus  sekolah.  Ayah  baik-baik  saja.”  Kata  Ayah   dengan  nafas   yang  agak  sesak.
Aku  berusaha  menahan  tangis.
“Amanda  mau  nungguin  Ayah  disini.  Amanda  besok  tidak  sekolah.  Amanda  tidak  tega  meninggalkan  Ayah  sendirian  di  rumah.”  Kataku.
“Baiklah,  kamu  bisa  tidur  disini  sambil  lenunggu  Ayah  ya,  nak.”  Kata  Ayah  tersenyum.
“Iya  Ayah,  Amanda  disini  menunggu  Ayah.  Ayah  sekarang  tidur  ya,  biar  besok  bisa  sehat.”  Kataku  sambil  menyelimuti  Ayah.
Aku  menatap  Ayah  sampai  Ayah  tertidur.
Aju  memegang  tangan  Ayah  dan  menatap  wajah  Ayah  yang  pucat.
“Ayah  cepat  sembuh  ya?”  kataku  lirih.
Aku  pun  tidur  sambil  memegang  tangan  Ayah.

***

Kira-kira  jam  4  dinihari,  tangan  Ayah  bergerak  dan  membuatku  terjaga.
“Ada  apa  Ayah?”  tanyaku.
“Ayah  ingin  berwudhu  untuk  siap-siap  sholat  Subuh,  nak.”  Kata  Ayah.
“Ayah  tayamum  aja  ya?  Ayah  jangan  banyak  gerak  dulu.”
Ayah  mengangguk.
Aku  mengambil  air  wudhu  untuk  sholat  berjamaah  bersama  Ayah.
Ayah  solat  dengan  posisi  tidur,  karena  tidak  kuat  berdiri  maupun  duduk.  Aku  semakin  sedih  melihat  kondisi  Ayah.
“Allahuakbar”
Ayah  mengucap  takbir  dan  aku  mengikutinya.
Setelah  salam,  aku  langsung  menoleh  ke  Ayah,  aku  melihat  ayah  tertidur.
Mungkin  Ayah  belum  selesai,  pikirku.
Aku  melipat  mukenaku  sambil  menunggu  Ayah.  Ayah  masih  terpejam.
Aku  membangunkan  Ayah.
“Ayah?”  panggilku.
Tidak  ada  jawaban.
“Ayah  belum  selesai  sholatnya?”
Masih  tidak  ada  jawaban.
Aku  mulai  panik.
“Ayah?”  aku  megguncangkan  tubuh  Ayah.
Ayah  tetap  bergeming.
Aku  berlari  keluar  rumah  dan  mencari  pertolongan  tetangga  yang  baru  pulang  dari  masjid.
Tetanggaku  itu  langsung  ke  rumah  untuk  melihat  keadaan  Ayah.
Ketika  memegang  denyut  nadi  Ayah,  tetanggaku  berkata  “Innalilahi  wainnalilahi  roji’un”.

***

Aku  memandangi   foto  Ayah  yang  sedang  merangkulku.  Aku  menangis.  Masih  belum  percaya  bahwa  Ayah  benar-benar  tiada.

Di  matamu  masih  tersimpan  selaksa  peristiwa
Benturan  dan  hembasan  terpahat  dikeningmu
Kau  nampak  tua  dan  lelah  keringat  mengucur  deras
Namun  kau  tetap  tabah
Meski  nafasmu  kadang  tersengal
Memikul  beban  yang  makin  sarat
Kau  tetap  bertahan
Engkau  telah  mengerti  hitam  dan  merah  jalan  ini
Keriput  tulang  pipimu  gambaran  perjuangan
Bahumu  yang  dulu  kekar  legam  terbakar  matahari
Kini  kurus  dan  terbungkuk
Namun  semangat  tak  pernah  pudar
Meski  langkahmu  kadang  gemetar
Kau  tetap  setia
Ayah..  dalam  hening  sepi  kurindu
Untuk  menuai  padi  milik  kita
Tapi  kerinduan  tinggal  hanya  kerinduan
Anakmu  sekarang   banyak  menanggung  beban

(TitipRinduBuatAyah)

Ya  Allah,  tolong  sampaikan  rinduku  untuk  Ayah.
Amanda  sayang  Ayah.

Anita Putri

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.